Wadah Pengusaha Berkelanjutan

HartLogic adalah Wadah Pengusaha Berkelanjutan yang mendukung pengusaha untuk mewujudkan tujuan berkelanjutan melalui jalur strategis dengan dukungan pembimbing, ahli dan berbagai sumber daya.

HartLogic memiliki visi untuk mendukung pengusaha di seluruh dunia untuk mencapai Kesejahteraan. Dengan misi menjalin koneksi, mendorong kolaborasi, menyediakan pengetahuan, meningkatkan kemampuan personal dan membangun organisasi. “Kita Wujudkan, Sekarang.” adalah jargon HartLogic yang menjadi dasar untuk Hartroopers dalam setiap aktivitasnya. Semua yang HartLogic lakukan didasari oleh pertanyaan: Bagaimana kita dapat menyediakan dukungan terbaik untuk Pengusaha?

HartLogic didirikan pada 20 Mei 2012 sebagai NGO (Non-Governmental Organization) dan dikelola secara independen melalui 3 sub-organisasi: Foundation, Enterprise, dan Society. HartLogic Foundation dengan Insights, Think Tank, dan Inisiatif. HartLogic Enterprise dengan Inkubator, Konsultan dan Ventura. HartLogic Society dengan Keanggotaan, Acara dan Asosiasi.

HartLogic dikelola oleh Hartrooper, didukung oleh Mitra dan ditenagai oleh Pranala.

HartLogic Foundation

Solusi untuk mencapai
keadilan dan kesejahteraan manusia melalui
Insights, Think Tank dan Initiatives.
HartLogic Foundation
terdaftar dengan nama
Yayasan HaLo Bantu Dunia.

HartLogic Enterprise

Solusi untuk membangun
potensi optimal melalui
Incubator, Consultant, dan Ventures.
HartLogic Enterprise terdaftar dengan nama
PT HartLogic Bangun Indonesia.

HartLogic Society

Solusi untuk menjalin
relasi dan bertukar informasi melalui
Membership, Events, dan Associations.
HartLogic Society berasas komunitas dengan nama
Society at HartLogic.

HATI Sosial + LOGIKA Bisnis

HartLogic melakukan hal sosial dan dampak positif tetapi HartLogic tidak mengklaim sebagai social enterprise,
HartLogic membagi entitasnya (Yayasan: Nirlaba & PT: For Profit),
HartLogic tidak menjual rasa iba sebagai kegiatan bisnis,
HartLogic tidak mengambil keuntungan finansial pribadi apapun dari donasi Anda.
Lebih lagi, justru HartLogic mendukungnya kegiatan sosial dengan bisnis HartLogic.

Foundation Initiatives
(Nirlaba/Non-Profit)

Enterprise Ventures
(Bisnis/For Profit)

Kesejahteraan

  1. Sehat: Keadaan yang sempurna baik fisik (jasmani), mental (rohani) maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit.
  2. Terdidik: Memiliki pendidikan yang baik secara moral, teori dan praktik.
  3. Berdaulat: Tidak bergantung kepada pihak lain untuk menghidupi diri.
  4. Mapan (Finansial, Mental, Sosial): Puas dengan diri, tidak Goyah serta mengerti apa dan bagaimana cara mencapai suatu tujuan.
  5. Bermanfaat: Membagi yang dimiliki kepada pihak lain yang membutuhkan.
Bernhart Farras HartLogic Kita Wujudkan, Sekarang.

“Makna Kewirausahaan dan Menjadi Pengusaha bukan berarti hanya menjadi pebisnis dan berbisnis. Jika semua pebisnis adalah pengusaha, maka mereka akan membuat bisnis yang berkelanjutan.

Pengusaha terus berinovasi untuk bertahan hidup, menghabiskan waktu berjam-jam pada hal yang Ia yakini, dan yang paling penting tetap teguh dalam memotivasi diri dalam menjalani proses menyelesaikan tantangan demi tantangan dalam mewujudkan impian itu.

Sejak awal didirikan, HartLogic ditujukan untuk mendukung pengusaha. Kami adalah organisasi yang independen dengan keuangan mandiri, menjunjung tinggi keadilan, peduli dengan kekayaan intelektual, tidak menggunakan definisi yang membingungkan dan percaya bahwa kewirausahaan lebih dari sekadar bisnis.”

– Bernhart Farras, Presiden HartLogic

Fakta HartLogic

HartLogic berkomunikasi secara efektif & jelas

Anda tidak menemukan kata-kata dengan definisi “abu-abu” seperti “startup”, “social entrepreneurship”, atau “millennials” di HartLogic? Hal ini sengaja HartLogic lakukan agar komunikasi dapat dijalin pada frekuensi yang sama. Untuk menciptakan kolaborasi yang hebat, kita harus mulai dengan komunikasi yang jelas.

HartLogic beroperasi secara independen & merdeka

Sebagai induk organisasi, HartLogic belum pernah menerima pembiayaan dari investor luar sejak awal berdiri. Hal ini sangat penting dalam memberikan HartLogic independensi dalam menentukan keputusan dan menjalankan praktik. HartLogic hanya menerima investasi dari luar untuk anak usaha atau usaha bersama melalui HartLogic Ventures dan Pranala.

HartLogic menjunjung tinggi kemanusiaan & keadilan

Sebagai organisasi yang mengkobinasikan hati dan logika serta dibangun oleh pengusaha dan ditujukan untuk mendukung pengusaha. HartLogic tidak hanya menerapkan sistem gaji saja, HartLogic juga menerapkan sistem bagi hasil. Di mana Hartroopers akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan kinerja pribadi dan organisasi.

HartLogic memiliki hak cipta & hak kekayaan intelektual

HartLogic tidak selalu memiliki semuanya. Tetapi berkat beberapa pengalaman hukum dengan merek dan layanan kami, HartLogic sekarang telah berusaha untuk mendaftarkan seluruh legalitas dan paten. Ini juga telah membebaskan HartLogic untuk melindungi keputusan independen.

HartLogic selalu berkelanjutan & permanent beta

HartLogic memulai bisnis dibidang konsultasi untuk mendukung bisnis dan HartLogic masih melakukan itu, tetapi sekarang HartLogic memiliki layanan yang lebih lengkap dan mendukung pengusaha. HartLogic melakukan diversifikasi layanan yang mendorong para pengusaha untuk dapat membantu seluruh pengusaha.

HartLogic fokus pada tujuan & didukung oleh data

Sebagai organisasi yang fokus pada keputusan goal-driven. HartLogic sangat mementingkan profit diatas nomor yang lainnya agar tetap independen, pelanggan diatas pengguna, produksi diatas konsumsi, kolaborasi diatas kompetisi, hasil diatas proses, nilai diatas uang, over-deliver diatas ekspektasi.

Beberapa organisasi yang telah didukung

Hartlogic membangun hubungan jangka panjang yang berkelanjutan.
HartLogic percaya bahwa win-win solution akan selalu menjadi kemenangan bagi kedua belah pihak.


Testimoni Pengusaha Unggul

Mendukung pengusaha unggul untuk mencapai tujuan mereka adalah tujuan HartLogic.


Kisah Sukses Pengusaha Unggul

Setiap hari, HartLogic mendengar cerita dari pengusaha unggul di seluruh dunia dan berharap cerita ini dapat menginspirasi Anda dalam perjalanan Anda. Kesuksesan Anda adalah kesuksesan Kita.

Testimony Londrean Bogor Upgrade Website For Efficient Process

Testimony Londrean Bogor Upgrade Website For Efficient Process

Testimony Londrean Bogor Development Website

Testimony Londrean Bogor Development Website

Testimony Ilos Hotel Bandung

Testimony Ilos Hotel Bandung


Tujuan yang telah diwujudkan

Beberapa contoh pengalaman proyek HartLogic dalam mendukung pengusaha di seluruh dunia yang mungkin Anda alami juga.

LayarBelajar: Learning Management System (LMS) Website

Adolessons: Business Model Case Training

Eden Farm: Professional Company Profile Website

Apakah Anda seorang Pengusaha?

Mari kita lihat definisi Pengusaha dari KBBI: Pengusaha /peng·u·sa·ha/ n orang yang mengusahakan

Berawal dari kata “usaha” /usa·ha/ n kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam — telah ditempuhnya untuk mencukupi kebutuhan hidup; — meningkatkan mutu pendidikan; dan secara lebih rinci, pengusaha/peng·usa·ha/ n adalah seorang manusia yang telah menentukan tujuan dan berusaha untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Ketika pengusaha ingin mencapai tujuan, Ia akan bertemu dengan ketidaktahuan dan tantangan. Namun, pengusaha didorong oleh alasan yang kuat dan terus mencari cara untuk tetap mewujudkan tujuan tersebut menjadi sebuah kenyataan.

Jika Anda orang yang memiliki tujuan dan berjuang untuk mewujudkannya maka Anda adalah seorang Pengusaha.

Informasi lainnya

HartLogic dimulai pada tahun 2012 sebagai konsultan teknologi, konten, dan acara untuk membantu pengusaha dalam mengambil peluang dan memecahkan masalah. Pada 2016, HartLogic melakukan transformasi dengan menyediakan layanan yang lebih luas melalui wawasan (konten), acara, komunitas, inkubator, konsultasi, dan ventura.

Pada 2021, HartLogic menggabungkan wawasan dan acara ke HartLogic Foundation, sedangkan inkubator, konsultasi, dan ventura ke HartLogic Enterprise, dan komunitas ke HartLogic Society. Pada tahun yang sama, HartLogic juga meluncurkan aplikasi super terpusat bernama Pranala.

HartLogic didirikan pada 20 Mei 2012 di ruang tidur Bern (Bernhart Farras), Profil Bern dapat dilihat pada www.bern.id, dipadukan dengan pemikirannya tentang konvergensi yang kuat pada tiga bidang yaitu teknologi, seni, dan pendidikan. Bern mengawali bisnis dengan berdagang sejak kelas 1 SD dan memulai bisnis sejak masuk bangku SMA, dengan membangun perusahaan pakaian bernama Java Indonesia Clothes (JIClothes, sekarang JIClothes telah berubah menjadi Bern+), yang kala itu memiliki keinginan untuk meningkatkan citra (branding) dengan membuat situs web.

Sebelum HartLogic

Bermodalkan uang Rp20.500 di kantung celana yang dibelikan pulsa telpon, Bern mendirikan JIClothes pada 2010. 1 tahun beroperasi, JIClothes mulai membuat tag label bermerek di setiap produk yang telah diproduksi. Hanya berselang waktu 2 tahun beroperasi, Pada 2012, JIClothes telah memiliki ratusan klien dan membutuhkan inovasi baru. Di mana situs web adalah jawabannya, karena kala itu di Indonesia hanya beberapa pabrik pakaian saja yang memiliki situs web (dan hanya yang besar saja). Berdasarkan kebutuhan tersebut, Bern memiliki 2 opsi untuk membuat situs web, yaitu:

  1. Berkonsultasi dengan perusahaan konsultan teknologi
  2. Berkonsultasi dengan mahasiswa yang dapat membuat situs web

Namun, kedua opsi diatas bukan pilihan yang tepat, karena opsi pertama terlalu mahal dan belum terukur hasilnya. Sedangkan opsi yang kedua tidak dapat menjamin pemeliharaan dan tidak bisa menyediakan fitur yang diinginkan.

Pada akhirnya, Bern memikirkan opsi lain, di mana ia membuat situs web JIClothes sendiri dengan belajar bahasa pemograman secara otodidak dengan mencari informasi secara daring.


2012 – 2015: Sampingan menjadi utama

Pada 2012, beberapa klien JIClothes yang melihat situs web JIClothes tertarik untuk membuat situs web untuk usaha mereka masing-masing. Mereka bertanya “siapa agensi konsultan teknologi yang membuat website JIClothes Bern?” Lalu, Bern menjawab pertanyaan tersebut dengan “Saya sendiri yang membuatnya, tapi ini hanya proyek sampingan saja.” Disambut “Apakah kamu bisa membuatkan website untuk kami juga?” Dijawab “Boleh, bayar seikhlasnya saja karena saya belum profesional.”

Ketika sudah mencapai 3 klien, klien sudah mulai bertanya “apa nama agensi pembuat website ini Bern? apakah dengan nama JIClothes juga?” Secara spontan, Bern menjawab “HartLogic Technology.” (Sebelumnya Bern telah membeli domain HartLogic.com yang didasari oleh dua paduan kata yaitu hati dan logika)

Itulah pertama kalinya nama HartLogic disebutkan! Di mana HartLogic didirikan dengan tujuan untuk mendukung UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk memiliki situs web dan menyedia konsultasi teknologi yang murah tetapi berkualitas. Kemudian pada 2013, HartLogic dipercaya untuk melakukan pemasaran digital dan manajemen acara. Kali ini HartLogic Technology mengubah nama mereknya menjadi “HartLogic” saja. Bersamaan dengan menambah area layanan konsultasi menjadi Teknologi, Konten, dan Acara.

Antara 2012 hingga 2014, HartLogic memang masih menjadi sebuah bisnis sampingan saja karena Bern fokus untuk membangun JIClothes untuk menjadi perusahaan garmen terbesar di Indonesia. Bern juga membangun beberapa bisnis dari bidang edukasi yaitu HartLogic Academy dan Learn to Share Academy (sekarang: Dididik), makanan dan minuman serta bisnis-bisnis lainnya selagi menyelesaikan kuliahnya di bidang teknologi informasi dan manajemen proyek.

Pada 2015, Bern mulai berkuliah dan berkerja di beberapa perusahaan multinasional di Jerman.

Bern bekerja di salah satu perusahaan besutan Rocket Internet (pabrik pembuat bisnis asal Jerman) yang bernama Price Panda. Hampir 1 bulan bekerja, Price Panda yang notabenenya perusahaan rintisan dengan investasi besar harus tutup dan meminta seluruh karyawannya untuk mengundurkan diri. Inilah pengalaman pertama Bern melihat realita bisnis rintisan dengan skalabilitas tinggi. Lalu Bern ditawarkan pekerjaan di beberapa perusahaan besutan Rocket Internet lainnya yang masih di tahap pre-launch dan launch. Kala itu Bern memilih perusahaan yang masih pada tahap pre-launch bernama Lyke yang setelahnya diakuisisi oleh JollyChic.

Selain bekerja, Bern juga aktif melakukan jejaring dan bertemu dengan perusahaan CEO garmen asal Jerman, Spreadshirt, Phillip Rooke. Kecepatan bekerja dan mesin yang dimiliki Spreadshirt cukup mengubah pola pikirnya dalam mengembangkan bisnis.


2015-2016: Terlahir Kembali (Tidak Hanya Konsultasi)

Tiga bulan sebelum kembali ke Indonesia, Bern menantang dirinya untuk meneliti dan memikirkan kembali masalah ekositem pengusaha di Indonesia. Bern tidak ingin HartLogic hanya menjadi sampingan, memperoleh pendapatan dari mendukung bisnis yang mapan saja dan tidak membuat dampak besar pada pemecahan masalah pengusaha baru di Indonesia. Kemudian muncul satu pertanyaan dalam benaknya tentang “Bagaimana saya bisa membantu pengusaha Indonesia untuk memulai bisnisnya dan berkolaborasi satu sama lain?”

Didukung oleh fakta-fakta:

  • Budaya: Pertama adalah dukungan orang tua. Sebagian besar orang tua di Indonesia menginginkan anak-anak mereka untuk menjadi karyawan daripada menjadi pengusaha. Masalah ini telah menjadi fenomena di Indonesia, terutama bagi generasi muda. Orang tua ingin anak-anak mereka menjadi karyawan daripada menjadi pencipta. Ini adalah budaya di Indonesia, mereka pikir anak-anak mereka harus menjadi profesor, dokter, atau apa pun bisa disebut sebagai “profesi” dan mereka berpikir bahwa seorang wirausahawan bukanlah profesi yang baik. Kedua, pekerjaan, karena poin pertama sebelumnya, kebanyakan orang ingin menjadi karyawan. Jadi, minat menjadi peningkatan karyawan dan tidak sebanding dengan pekerjaan yang tersedia. Karena itu kami membutuhkan pengusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Ketiga, kesabaran, sebagian besar orang tidak bisa bersabar. Mereka ingin bisnis mereka sukses lebih cepat. Sebagai pengusaha, itu tidak bisa dilakukan. Mereka dapat fokus pada satu bisnis, semakin banyak pengalaman semakin banyak pengetahuan yang akan mereka peroleh. Sumber: Penelitian HartLogic.
  • Ekosistem: Rendahnya jumlah pengusaha di Indonesia menurut Global Entrepreneurship Monitor (GEM) menunjukkan bahwa Indonesia hanya memiliki 1,65% sebagai pengusaha dari total 250 juta orang. (Sumber: Kompas)
  • Kolaborasi & Kompetisi: Persaingan kerja tinggi, menurut Pelatihan Harian Deputi Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN, Ida Bagus Permana, Indonesia akan mendapatkan bonus tentang demografi. Ini tentang usia karyawan yang (15-64) dan mencapai 70%. Kemana perginya 30%? 30% orang tidak produktif (kurang dari 14 tahun dan di atas 65 tahun) akan meningkat pada 2020-2030. Sebagian besar pengusaha muda tidak ingin berkolaborasi satu sama lain sebagai pengusaha karena mereka pikir bisnis mereka adalah yang terbaik dan yang lainnya adalah pesaing.
  • Pengetahuan & Yayasan: Pengusaha harus memilih produk yang akan mereka jual dan beberapa orang menjadi bingung untuk memilih apa yang akan mereka buat atau apa yang akan mereka lakukan sebagai pengusaha. Keterampilan juga memengaruhi pengusaha, sebagian besar orang tidak memiliki keterampilan apa pun ketika mereka mulai sebagai pengusaha. Tetapi, jika mereka ingin belajar lebih banyak, mereka akan mendapatkan lebih banyak keterampilan dalam bisnis. Takut gagal dalam bisnis. Sebagian besar orang berpikir harus punya banyak uang dan bisa gagal. Mereka pikir wirausaha hanya bisa dilakukan oleh orang kaya. sebagian besar orang berpikir bahwa bisnis itu mahal. Jika mereka ingin berkolaborasi satu sama lain, mereka akan mendapat keuntungan. Mereka dapat mengurangi biaya produksi. Sumber: Penelitian HartLogic.
  • Penelitian: Menurut Boediono, Wakil Presiden Indonesia 2009-2014, ada beberapa masalah untuk menjadi wirausaha. Ada undang-undang yang mempengaruhi pengusaha, kondisi ekonomi makro di Indonesia juga terpengaruh karena pengusaha membutuhkan ekonomi yang stabil, infrastruktur di Indonesia juga berpengaruh besar bagi pengusaha karena transaksi ekonomi harus efektif pada transportasi, peraturan dan undang-undang di Indonesia yang mendukung pengusaha atau tidak, layanan pembiayaan untuk pengusaha, dan keterampilan terakhir karyawan. sumber: sindonews.com

Lahirlah pemikiran dari “Saya” yang berubah menjadi “Kita” dan dibuatlah simbol logo HartLogic yang dinamakan HaLo ketika Bern sedang berpikir ditengah teman-temannya yang sedang bermain Dota (Defense of the Ancient) dan menonton anime. Setelah memperihatkan HaLo kepada teman-temannya, Bern segera mengevaluasi dan menggabungkan beberapa bisninya yang memiliki layanan serupa ke HartLogic untuk dijadikan HartLogic Ventures.

Pada 2015 akhir, setelah kembali dari Jerman, Bern mengistirahatkan JIClothes dan meminta bantuan dari beberapa teman sambil menyelesaikan tesis sarjana starta 1 teknik informatika dan manajemen proyek, dia membuat gerakan untuk membuat HartLogic terlahir kembali dengan visi “supporting business”. HartLogic berfokus pada mengelola usaha saat ini sambil mendukung platformnya sendiri dengan mengembangkan HartLogic Incubator dan HartLogic Consulting.

Dari Mei 2015 hingga April 2016 HartLogic menghadapi banyak tantangan dalam ekosistem bisnis di Indonesia, pemilihan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama juga menjadi sebuah kesalahan terutama dengan target pasar utama di Bandung.


2016: Transformasi (Entrepreneurship Platform)

Saat mengerjakan skripsi dan proses kelulusan kuliah Bern, tepatnya pada Mei 2016, HartLogic membagi situnya menjadi 3 situs web resmi yaitu situs utama HartLogic (HartLogic.com), Situs Web Merek HartLogic (brand.hartlogic.com), dan Situs Web Organisasi HartLogic (HartLogic.id). HartLogic juga merekrut beberapa karyawan penuh-waktu dan paruh waktu secara masif dan melakukan pengembangan secara agresif.

Visi HartLogic sebagai Entrepreneurship Platform yang kala itu “Mendukung Bisnis” berubah menjadi “Mendukung Pengusaha di Seluruh Dunia” dan mencipatakan komitmen untuk menjalankan misi mendukung pengusaha dengan menciptakan koneksi baru, berkolaborasi, meningkatkan keterampilan pribadi, memberikan pengetahuan, dan membangun perusahaan.

Operasi dan situs web secara resmi diluncurkan pada 20 Mei 2016. Pada akhir tahun pertama beroperasi, HartLogic memiliki total 1.520 anggota. Dalam rangka mendukung secara menyeluruh, HartLogic juga meluncurkan kegiatan non-profit yang bernama HartLogic Initiator dan HartLogic Ambassador.

Namun, setelah mulai beroperasi di Bandung dari April hingga Desember 2016, HartLogic terpaksa untuk merelakan 98% Hartroopers untuk pergi dan organisasi ini hampir tutup karena dana yang telah dikumpulkan juga hanya tersisa sekitar 4-6 juta rupiah saja. Ditengah pembuatan legalitas perusahaan HartLogic Enterprise (PT HartLogic Bangun Indonesia), Anggota HartLogic hanya tersisa satu Hartroopers saja yaitu Bern yang hampir menyerah dengan HartLogic.

Sampai saat ini, orang tua saya belum setuju dengan saya ketika saya menjadikan HartLogic sebagai fokus utama hidup saya.

Sangatlah sulit untuk meyakinkan mereka ditengah tekanan emosional yang dilontarkan ibu saya setiap harinya. Terkadang saya berpikir apakah saya adalah anak yang durhaka? karena tidak menuruti orang tua untuk bekerja di perusahaan multinasional atau melanjutkan kuliah saja.

Mungkin orang tua saya benar, mengingat uang HartLogic telah banyak terkuras untuk operasional, membeli aset dan membayar karyawan.

4 tahun berlalu dan mungkin ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada HartLogic.

Inilah adalah beban pikirkan Bern yang meyakinkan otaknya sendiri dengan fakta pahit yang menimpa HartLogic.

2017: Titik Balik dan legalitas HartLogic Enterprise

Bernhart Farras Titik Balik HartLogic

Setelah 4-5 hari merenung dan mengunci diri, ada sesuatu di benaknya yang membuatnya sadar dan bangun dari keterpurukan.

Tetapi kenapa Saya menyerah? Dahulu ketika Saya mulai serius di bisnis, Saya hanya memiliki modal Rp20.500, tidak memiliki pengalaman, tidak memiliki koneksi yang luas, tidak memiliki satupun aset.

Saya hanya seorang anak SMA yang memulai dengan modal keinginan untuk menyelesaikan masalah secara profesional. Sedangkan saat ini, Saya memiliki beberapa modal, aset, pengalaman, visi yang lebih besar, serta beberapa koneksi. Mengapa Saya tidak bisa memulai kembali?

TIDAK ADA MENGELUH! Saya harus tetap membangun HartLogic karena saya percaya bahwa dunia belum siap saja dengan HartLogic dan angkanya belum berfungsi saat ini.

Saya hanya kalah jika Saya berhenti untuk berusaha.

Pemikiran Bern saat Ia hampir menutup HartLogic. Setelah berbincang dengan pasangannya, Laras Kusuma Dewi.

2017 merupakan awal tahun yang berat untuk HartLogic. Namun, secara perlahan Bern memulai kembali dengan fokus pada konsultasi teknologi serta bermitra dengan beberapa perusahaan teknologi internasional. Ia juga tidak sendiri, ditemani oleh Laras Kusuma Dewi yang membantunya pada bidang keuangan sebagai Senior Vice President of Finance. HartLogic juga telah menyelesaikan legalitas HartLogic Enterprise.

Kuartal ke-2 2017, HartLogic mengubah model bisnis konsultan dan inkubator bisnis menjadi lebih luas. Kemudian HartLogic berfokus untuk melakukan lebih banyak penelitian, pengujian dan membangun MVP (Minimum Viable Product). HartLogic juga menghadirkan ide baru untuk membuat proses yang lebih sederhana untuk membuat pengguna lebih mudah memahami wadah pengusaha dengan mengategorikan layanan kami berdasarkan kebutuhan pengguna. HartLogic memperkenalkan kategorisasi layanan dan membuat peningkatan besar-besaran ke semua situs web kami setelah sekitar 3.000 kali pembaruan web, uji pengalaman pengguna dan renovasi (tepatnya, uji pengalaman pengguna 2.741 kali dan 6.321 kali).

HartLogic mengumumkan HartLogic For You: HartLogic For People, HartLogic For Partner dan HartLogic For Business untuk pertama kalinya pada Juli 2017.

HartLogic juga menggabungkan hartlogic.id dengan hartlogic.com pada Agustus 2017 yang dilengkapi dengan fitur 2 bahasa: Bahasa Indonesia dan Inggris. Entrepreneurship platform kami juga mengalami pengelompokan menjadi HartLogic Solution, HartLogic Ventures, dan HartLogic Foundation, kadang-kadang kami menyebutnya “apa yang kami lakukan” atau “tiga hal yang kami lakukan”.

Kegiatan non-profit HartLogic juga tetap berlangsung, di mana HartLogic Initiator dan Ambassador diluncurkan di area Jabodetabek, Indonesia.


2018: Dukungan (Expo dan Koneksi)

Pada Januari 2018, HartLogic melakukan peningkatan besar-besaran dalam uji pengguna dan situs web. Hasilnya adalah membentuk entrepreneurship platform dengan 3 layanan yaitu HartLogic Foundation untuk kegiatan non-profit, serta HartLogic Solution dan HartLogic Cloud untuk kegiatan profit. HartLogic juga kami menyederhanakan kategorisasi solusi HartLogic ke dalam pengembangan pribadi (temukan, komunitas, acara) dan bangun perusahaan (inkubator, konsultasi, usaha).

Berhasil menyakinkan orang tua dengan HartLogic Expo dan Pengakuan dari Menteri Republik Indonesia

20 Mei 2018 juga menjadi tonggak sejarah baru untuk Bern dan HartLogic. Di mana HartLogic Expo 1.0 terselenggara dengan sukses di auditorium KEMENPORA (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Pada awalnya Bern hanya bertujuan untuk lebih mengenalkan HartLogic kepada Publik dan Orang Tuanya, Ibu Herlina Ariffin dan Bapak Beny Mulyana Sukandar. Namun ternyata tanpa disangka-sangka Menteri Republik Indonesia juga hadir secara spontan dan meresmikan acara tersebut. Walaupun sederhana, acara tersebut juga meningkatkan kepercayaan orang tua Bern kepada HartLogic.

Dimulainya rancangan keberlanjutan HartLogic Foundation, HartLogic Initiator, HartLogic Ambassador

Seluruh kegiatan non-profit HartLogic dikhususkan di HartLogic Foundation. Di mana kegiatan sumbangan, beasiswa pendidikan, initiator, ambassador dan lainnya menjadi terpisah dari HartLogic Solution dan HartLogic Cloud.

Program HartLogic Initiator dan HartLogic Ambassador juga tidak hanya menjadi program percobaan saja, namun sudah mulai dibuat rancangan untuk keberlanjutan dengan membuat program kerja dan menjadi organisasi yang mendunia.

Jurnalistik, pengalaman dan koneksi: mencari koneksi dan memelihara klien setia

Setelah HartLogic Expo, Bern mendapatkan peluang kerja sebagai salah satu jurnalis internasional di fase awal CNBC Indonesia di bangun. Sekitar 1 tahun perjalan Bern di CNBC, Bern dipaksa fokus untuk bekerja sebagai jurnalis. Bern hanya memiliki sedikit sekali waktu luang karena CNBC juga masih dalam tahap membangun dan berjuang dalam rangka menjadi media ekonomi dan bisnis no.1 di Indonesia. Selama di CNBC, Bern telah menjalani beberapa kali pindah desk, dari mulai internasional, Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) era Retno Marsudi, bursa saham internasional, bursa saham Indonesia (IDX, Indonesia Stock Exchange), presiden era Jokowi (Joko Widodo), dan Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) era Rudiantara.

Selama 2018, HartLogic juga tidak menerima klien baru karena fokus untuk menjaga komitmen dan layanan kepada klien yang sudah ada.


2019: Berjuang Bersama (Era Kepemimpinan dan Pemisahan Solusi Edukasi)

Sepanjang kuartal pertama dan kedua 2019, Bern masih tetap fokus bekerja di CNBC. Mulai kuartal ketiga 2019 Bernhart memutuskan untuk keluar dan fokus berjuang penuh untuk membangun HartLogic. Sekarang, HartLogic mulai menerima klien-klien baru dan mencari pemimpin untuk bagian teknologi.

Hamzah HartLogic

HartLogic memilih Muhammad Hamzah sebagai Senior Vice President of Technology

Bern dan Hamzah bertemu ketika mengikuti program beasiswa Digital Talent Scholarship di Universitas Indonesia dari KEMENKOMINFO.

Walaupun belajar di kelas dan bidang yang berbeda. Bern dan Hamzah menjalin persahabatan sejak hari pertama ketika ingin bertukar jadwal kelas siang dan pagi.

Beberapa kali Bern dan Hamzah melaksanakan salat Jum’at dan makan siang bersama. Hingga akhirnya Bern menawarkan Hamzah untuk mengerjakan proyek teknologi.

Dengan Hamzah, jajaran pemimpin HartLogic bertambah menjadi 3 orang. HartLogic juga memiliki ratusan pekerja lepas dan beberapa karyawan purna waktu (Full time).

HartLogic Education (LTS Academy dan HartLogic Academy) melakukan re-branding menjadi Dididik dan memasukkannya ke dalam HartLogic Foundation.

HartLogic membuka toko ritel pertama dengan merek Benina.space (terinspirasi dari nama orang tua Bern – sangat sentimentil) yang memiliki konsep hiburan digital dan kuliner.

Pada akhir 2019, HartLogic menemukan formula untuk menyederhanakan layanan entrepreneurship platform menjadi idea sharing, acara, komunitas, inkubator, konsultasi, dan ventura sebagai layanan 360° bagi pengusaha.


2020: Bertahan Hidup (Pranala dan Yayasan HaLo Bantu Dunia)

Tahun ini, tahun di mana 7 tahun HartLogic telah berdiri. Dunia mengalami pandemi global Covid-19 yang menyebabkan krisis ekonomi. Namun, HartLogic dapat beradaptasi serta menuju tanpa batas dan melampaui seluruh tantangan.

Pada awal 2020, HartLogic telah memiliki perencanaan acara dan kegiatan untuk 1 tahun kedepan:

  • Ekspansi BenIna.space (Sekarang: ruang Karyaloka)
  • HartLogic Idea Sharing 2020
  • HartLogic Expo 2020
  • HartLogic Entrepreneurship Gathering 2020
  • HartLogic Entrepreneurship Awards 2020
  • HartLogic Conference 2020
  • HartLogic Initiator 2020
  • HartLogic Ambassador 2020
  • HartLogic Scholarship

Namun, pandemi Covid-19 memaksa HartLogic untuk mengubah segala rencana secara drastis. Bisnis ritel HartLogic yang bergantung pada penjualan secara luring (offline) mengalami pukulan mendalam, mayoritas acara HartLogic terpaksa untuk ditunda karena pembatasan fisik, dan ekonomi lesu yang menyebabkan penurunan daya beli. Harapan optimis kami berubah menjadi pesimis.

Tapi menyerah bukan sebuah solusi. Pada masa penurunan ekonomi dan pembatasan fisik ini, HartLogic dan Hartroopers disadarkan bahwa keadaan bisa berubah drastis kapan saja dan kita tidak bisa mengontrol eksternal. Tetapi, internal (Hartroopers) kita dapat beradaptasi dengan semangat tanpa batas dan melampaui. Fokus pada apa yang dapat dilakukan internal untuk tidak hanya bertahan, tetapi bisa menjadi pemimpin pasar dengan melakukan refleksi diri dan mencari peluang baru yang dapat dilaksanakan. Adaptasi dan semangat tanpa batas dan melampaui seluruh tantangan menghasilkan:

  • Melebur BenIna.space ke dalam Karyaloka (mengalihfungsikan ruang sebagai tempat untuk menaruh barang serta menginkatkan efektifitas penggunan lahan kerja)
  • Menyesuaikan dan memperluas makna dari misi HartLogic:
    • dari menciptakan koneksi baru, berkolaborasi, meningkatkan keterampilan pribadi, memberikan pengetahuan, dan membangun perusahaan
    • menjadi menciptakan koneksi baru, berkolaborasi, memberikan pengetahuan, meningkatkan keterampilan pribadi, dan membangun organisasi.
  • Meningkatkan penjualan VPN dan Newsletter yang sebelumnya sangat sulit untuk dijual #TerimaKasihNetflix #TerimaKasihDigitalisasi
  • Memudahkan layanan pembayaran internasional dengan menambahkan Paypal dan Stripe di layanan HartLogic
  • Bekerja sama dengan Telkom Indonesia, Coca Cola Amatil, institusi pendidikan, perusahaan rintisan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)
  • Membantu puluhan klien setia dan klien baru untuk melaksanakan percepatan transformasi digital
  • Pertama kalinya, HartLogic Idea Sharing diselenggarakan sepenuhnya secara daring
  • Meluncurkan pranala.app: aplikasi super
  • Meluncurkan pranala.link: aplikasi profil digital yang menjadi bagian di ekosistem pranala.app
  • Meluncurkan pranala.xyz: aplikasi pembuat situs web berbasis managed-wordpress dengan biaya terjangkau yang menjadi bagian di ekosistem pranala.app

Di tengah pandemi, semangat pemuda untuk tetap berbagi tidak terhenti dalam mewujudkan kemanusiaan yang adil dan sejahtera.

Tanda Tangan Yayasan HaLo Bantu Dunia
Tanda Tangan Yayasan HaLo Bantu Dunia
  • Setelah 4 tahun gerakan HartLogic Foundation, HartLogic mendaftarkan legalitas HartLogic Foundation dengan nama Yayasan HaLo Bantu Dunia
  • HartLogic Foundation melantik 9 pemuda dengan jajaran 1 pembina, 2 pengawas dan 6 Pengurus: Anggi Auliyani Suharja sebagai Ketua Pengurus, Andrew Filbert Dary Pramono sebagai Wakil Ketua Pengurus, Mira Fajriyah sebagai Sekretaris Umum, Kholid Zufar Guncoro sebagai Wakil Sekretaris, Hagi Pradita sebagai Bendahara Umum, dan Fairuz Hasna Karimah sebagai Wakil Bendahara
  • HartLogic Foundation mempersiapkan 2 inisiatif yaitu Urun Daya dan Dididik

Mengakhiri 2020, HartLogic juga mengukuhkan finalisasi solusi utama yang juga diluncurkan pada situs web. Berikut 3 solusi utama yang disediakan entrepreneurship platform HartLogic yaitu:

  • HartLogic Foundation untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan manusia melalui Sustainable Ecosystem, Development Program, dan Inititatives
  • HartLogic Enterprise untuk membangun potensi maksimal melalui Incubator, Consulting, dan Ventures
  • HartLogic Society untuk menjalin relasi dan bertukar informasi melalui Summit, Community, dan Associations.

Selain itu, HartLogic juga meluncurkan sebuah aplikasi super bernama Pranala

Tahun 2020 menjadi berkat terselubung yang mendorong kami untuk cepat beradaptasi dan menjadi awal menuju tanpa batas dan melampaui seluruh tantangan. HartLogic, Kita Wujudkan, Sekarang.


2021: Menuju Tanpa Batas dan Melampaui (HartLogic Expo Satu)

1 tahun lebih pandemi global Covid telah berdampak pada cara manusia berinteraksi. Ditengah segala tantangan baru, HartLogic menutup tahun 2020 dengan mode bertahan dan memulai tahun 2021 dengan bangkit kembali untuk mencapai target yang tinggi namun tetap SMART dengan Heart dan Logic.

HartLogic memecah beberapa layanan utama menjadi beberapa ventura dan melahirkan beberapa ventura.

  • HartLogic Domain yang telah beroperasi sejak akhir 2012 berubah menjadi Pranala.Domains
  • Pranala meluncurkan 4 layanan baru yaitu Pranala.Associates, Pranala.Media, Pranala.News, dan Pranala.Events. Dengan ini HartLogic lebih fokus untuk layanan berbasis manusia dan memulai transisi seluruh layanan XaaS (Anything as a Service / layanan berbasis teknologi) ke Pranala.
  • FandB, sebuah perusahaan wedding planner, organizer serta consultant lahir dari kerja sama antara HartLogic, Bern dan Deri Firman.

Pada 20 Mei 2021, tepat pada hari ulang tahun HartLogic dan Hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia, HartLogic Expo digelar. Di tengah tantangan pembatasan fisik antar manusia, acara yang memiliki judul HartLogic Expo SATU dilaksanakan secara daring di tempat yang berbeda-beda.

Tahun 2021, membangkitkan semangat Hartroopers dalam melampaui ribuan tantangan yang melanda dan menuju tanpa batas.


2022: Jadikan Apa Pun Bekerja untuk Kita / Make Anything Work for US

HartLogic berhasil untuk mewujudkan kolaborasi antara manusia dan teknologi yang lebih baik lagi dari sebelumnya:

  1. EXPO: HartLogic Expo untuk pertama kalinya dikelola bersama-sama oleh Ventura kami yaitu FandB. Terima kasih partner Saya yang mengaku kampungan “Kang Deri Firman”, dengan adanya kang Deri pada HartLogic Expo, kita telah meningkatkan unsur tradisional dan humanis di HartLogic
  2. KAMPANYE: Banyak sekali kampanye-kampanye yang telah dibuat oleh manusia. Sejak 2009 kita mengenal kata Twibbon (Twitter Ribbon) atau Bingkai (Frame) untuk membantu kampanye-kampanye tersebut. Namun, selama ini kita membuatnya secara manual.
    • Selama 7 tahun terakhir (sejak 2015), HartLogic terus mengembangkan platform yang dapat membuat Twibbon secara otomatis bermula dari versi Alpha dan Beta
    • Hari ini dengan bangga HartLogic memperkenalkan Twibbon.Link versi Meta di acara HartLogic Expo
    • Twibbon.Link adalah platform Twibbon / Campaign / Digital Frame pertama dari Indonesia yang dapat digunakan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun dengan bantuan teknologi tercanggih di HartLogic
    • Utamanya, terima kasih kepada rekan-rekan media dan seluruh pengguna yang terus mendukung dengan menggunakan Twibbon.Link. Dengan bangga, tahun ini kami memiliki target untuk mencapai 1 juta pengguna di seluruh dunia
    • Kunjungi Twibbon.Link untuk menggunakan Twibbon tanpa install aplikasi
  3. Karyaloka yang awalnya hanya fokus dalam industri tekstil (garmen) dan properti, tahun ini mulai melakukan inovasi dengan menjadi beberapa lini bisnis yaitu:
    • Karyaloka Property
    • Karyaloka Factory: Garment
    • Karyaloka Space: Cloud Kitchen
    • Karyaloka Technology
    • Karyaloka Printing: Saat ini Karyaloka Printing juga berkolaborasi dengan Pranala.Link untuk memproduksi Pranala TAG
  4. HartLogic Ventures dan Initiatives 
    • Ventura lulusan HartLogic Incubator terpilih sebagai salah satu binaan 1000 Startup Kominfo, Founder Institute, dan mendapatkan hibah dari Microsoft
    • Pranala telah memiliki legalitas bernama PT Warga Negara Indonesia dan mencapai ratusan ribu pengguna
    • HartLogic akan meluncurkan 1 ventura kuliner dan 1 inisiatif platform keagamaan
  5. 020
    • Setelah 10 tahun aktif di dunia daring, HartLogic kini akan semakin dekat ke masyarakat dengan melakukan O2O (Online to Offline) melalui HartLogic Booth
    • Di HartLogic Booth, pengguna dapat membuat Pranala Tag sambil memesan produk kuliner dan berkonsultasi
    • HartLogic Booth akan diselenggarakan di Pusat Olahraga, CFD dan pusat-pusat masyarakat
  6. Pilihlah Indonesia
    • Sebagai warga negara Indonesia pasti kita pernah mendengar slogan “cintailah produk-produk Indonesia” lalu ada juga yang bilang belilah produk asli Indonesia.
    • Pertanyaannya terkadang kita tidak tahu mana produk yang berasal dari Indonesia. 
    • Maka dari itu HartLogic akan meluncurkan platform Pilihlah.id yang berisi direktori seluruh merek, produk dan karya yang dihasilkan dan dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. Keterangan lebih lanjut kunjungi www.pilihlah.id 
  7. Most proud of: Di tengah seluruh pencapaian HartLogic, hal yang membuat saya (Bern) sangat bangga adalah pengembangan sistem internal Hartrooper karena kami telah berhasil meningkatkan keterikatan dan manajemen relasi dengan internal dan eksternal.

Pandemi tidak membuat HartLogic berhenti. Pandemi justru mendorong adaptasi HartLogic untuk mewujudkan visi Mendukung Pengusaha di Seluruh Dunia dan misi menjalin koneksi baru, menciptakan kolaborasi, menyediakan pengetahuan, meningkatkan kemampuan personal, dan membangun organisasi.

Pengangkatan Direktur Utama Baru HartLogic Enterprise

Setelah 10 tahun memimpin HartLogic Enterprise, Bern mempercayakan HartLogic Enterprise kepada Muhammad Hamzah. Ditandai dengan Muhammad Hamzah Resmi diangkat sebagai DIRUT (Direktur Utama) HartLogic Enterprise (PT HartLogic Bangun Indonesia) dan Bern memiliki jabatan baru di HartLogic Enterprise sebagai KOMUT (Komisaris Utama).

Pembentukan WNI (PT Warga Negara Indonesia)

Keberhasilan Pranala.Link membawa HartLogic Enterprise untuk meluncurkan anak perusahaan baru bernama WNI (PT Warga Negara Indonesia).


2023: Kembali ke Pondasi Dasar / Back to the Foundation

Penurunan signifikan

HartLogic Enterprise mengalami penurunan finansial secara signifikan selama dipimpin oleh Muhammad Hamzah sebagai Direktur Utama HartLogic Enterprise (PT HartLogic Bangun Indonesia). Juga terjadi beberapa pelanggaran signifikan yang dilakukan secara langsung oleh Muhammad Hamzah. Pada Maret 2023, Muhammad Hamzah memutuskan untuk mengundurkan diri jabatannya sebagai Direktur Utama HartLogic Enterprise dan Direktur PT Warga Negara Indonesia serta melepas seluruh kepemilikannya dari PT Warga Negara Indonesia. Pada pengunduran tersebut, Muhammad Hamzah berjanji untuk melakukan handover secara penuh. Namun, janji Muhammad Hamzah tidak pernah dipenuhi hingga hari ini.

Muhammad Hamzah

Kembali stabil

Bern kembali menjabat menjadi Direktur Utama HartLogic Enterprise. Setelah mempercayakan operasional HartLogic Enterprise selama kurang lebih 1 tahun.


2024: Stabil kembali dan Melebar ke China

HartLogic mensponsori acara Indonesia Inspiring Day PERMIT Beijing di Beijing, China.


Sebuah kata yang selalu menjadi pengingat bagi Bern adalah “Banyak orang yang bermimpi, namun hanya pengusaha yang mengambil Aksi yang berusaha mewujudkan Mimpi tersebut. Untuk seluruh manusia dimanapun anda berada saya yakin setiap mimpi itu layak untuk diperjuangkan dan anda pun berhak untuk mewujudkannya. Bersama HartLogic Kita Wujudkan, Sekarang.,” Bernhart Farras, Presiden HartLogic

Mengingat dimulainya pendirian awal HartLogic di tahun 2012, HartLogic hanya menyediakan layanan agensi konsultasi teknologi yang membantu bisnis mengembangkan situs web, aplikasi, membuat acara, merancang, dan memecahkan masalah pemasaran yang beroperasi di kamar tidur Bern pada waktu luangnya.
Sekarang, HartLogic mendukung pengusaha melalui 3 solusi: Foundation, Enterprise, dan Society.

Sejak awal saya bertanya kepada diri saya sendiri, kenapa saya membangun HartLogic? Padahal saya sendirian, banyak orang menilai saya, ada begitu banyak tantangan yang akan dilalui, bahkan sejak awal hingga tahun ke-6, orang tua saya tidak ingin saya melakukan ini karena mereka ingin saya bekerja di sebuah perusahaan multinasional besar atau menjadi dosen saja.

Pada saat itu otak saya setuju dengan orang tua saya berdasarkan apa yang mereka katakan tentang gaji bulanan yang besar dan kehidupan yang berkelanjutan dengan jalur karier yang baik. Sementara hati saya di dalam berkata tidak ada yang dapatmenjamin keamanan dalam pekerjaan apapun dan saya ingin berbuat lebih banyak untuk pengusaha dalam satu-satunya kehidupan saya ini.

Bernhart Farras, President of HartLogic

Nama

HartLogic adalah kisah nyata Bernhart Farras dalam perjalanan kewirausahaannya. Nama “HartLogic” berasal dari kombinasi dua kata yaitu “Hart” dan “Logic”. Hart mewakili apa yang kita rasakan dan membuat keputusan di dalam hati kita dan logika menunjukkan apa yang kita pikirkan tentang otak kita yang memengaruhi mengapa kita bergabung dengan pemikiran logis. Menggabungkan dua kata ini, HartLogic bertujuan untuk mewadahi pengusaha yang diharapkan memiliki logika bisnis dengan hati sosial.

Logika Bisnis
dengan Hati Sosial

Logo

HartLogic memiliki dua bagian dari logo HartLogic yaitu Simbol dan teks. Logo simbol HartLogic berasal dari kombinasi satu lingkaran, dua persegi panjang yang masing-masing dipotong setengah lingkaran, dan ruang kosong yang menghubungkan antara lingkaran dan dua persegi panjang tersebut. Jika Anda melihat detail pada logo, Anda dapat melihat:

  • Lingkaran yang melambangkan kebebasan karena bentuknya yang tidak memiliki sudut dan mencerminkan HartLogic Society.
  • Dua persegi panjang yang masing-masing dipotong setengah lingkaran melambangkan sumber energi panel surya pada satelit dan mencerminkan HartLogic Enterprise untuk bagian kiri dan HartLogic Foundation untuk bagian kanan.
  • Ruang kosong melambangkan inovasi tanpa batas dan mencerminkan Hartroopers sebagai penggerak organisasi HartLogic.

Kombinasi potongan simbol-sombol tersebut melambangkan satelit di ruang angkasa yang menyediakan manfaat untuk seluruh dunia dan mencerminkan visi kami yang mendukung pengusaha di seluruh dunia.

Nilai

  • Mengaktifkan kolaborasi adalah inti kami.
  • Membantu orang adalah kekuatan kita.
  • Membuat dampak tak terbatas adalah ruang kami.

Layanan

  • Lingkaran melambangkan HartLogic Society.
  • Ruang (ruang kosong) melambangkan Hartroopers.
  • Dua persegi panjang yang masing-masing dipotong setengah lingkaran melambangkan HartLogic Foundation dan HartLogic Enterprise.
  • Kombinasi melambangkan satelit yang mencerminkan HartLogic sebagai organisasi yang mendukung pengusaha di seluruh dunia.

Warna

Ada beragam alasan mengapa HartLogic menggunakan warna monokrom yaitu putih sebagai warna utama dan hitam sebagai warna alternatif khusus. Mari diskusikan filosofinya terlebih dahulu.

  • Putih mencerminkan permulaan, kejujuran dan dinamis yang merupakan warna utama logo HartLogic. Warna putih mempromosikan permulaan dari perjalanan pengusaha yang memiliki pemikiran kreatif seperti papan tulis kosong yang dapat di isi dengan inovasi tak terbatas dan juga identik dengan awal yang baru. Sebagai warna positif, putih mencerminkan kejujuran, jelas dan terbuka dan putih dapat mengarahkan komunikasi spesifik secara dinamis dengan cara yang kuat serta mengizinkan logo HartLogic untuk menjadi logo dinamis.
  • Hitam mencerminkan kewenangan, mutakhir, dan eksklusif. Warna hitam digunakan dalam hal-hal tertenut saja yang membuat warna ini menjadi spesial dan eksklusif.

Sebagai kesimpulan, ini adalah alasan besar kami menggunakan warna monokrom:

  • Sederhana: Mudah dinavigasi dan modern
  • Dinamis: dengan logo putih transparan, kami dapat memasukkan warna apa pun ke dalam logo
  • Universal: Semua orang dapat melihat & setiap komputer dapat mengenali warna yang sama
  • Hemat biaya: Sementara yang lain menggunakan lebih dari 2 warna. Kami dapat menghemat anggaran hanya dengan satu warna
  • Yin & Yang: Seperti filosofi logo HartLogic, kami ingin menyeimbangkan bisnis dan sosial

HartLogic dapat dianalogikan sebagai ISS (International Space Station) yang mewadahi spaceships/space crafts (tujuan) yang dikendarai oleh pilot (Pengusaha) dari seluruh dunia

C.H.I

Minimalkan kompetisi dan ciptakan kolaborasi
Jika kita bisa berkolaborasi untuk menang bersama, mengapa kita harus bersaing? Dengan kolaborasi, kita dapat saling membantu membangun masa depan kita dengan visi dan misi yang sama. Harapkan hal-hal menakjubkan akan terjadi ketika kita membentuk kolaborasi alih-alih kompetisi.

Perbedaan
Keragaman mengarah pada inovasi. Jadi kami mendorong karyawan, pengembang aplikasi, dan pemasok kami untuk membawa perspektif dan ide-ide mereka untuk bekerja setiap hari.

Komunikasi
Membangun hubungan yang terbuka dan jujur dengan komunikasi.

Tujuan utama kami adalah membantu orang lain menciptakan bantuan untuk membantu!
Kami selalu ingin membantu Anda mewujudkan impian Anda. Namun, jangan biarkan berhenti hanya dari HartLogic kepada Anda. Mari kita buat efek domino di mana HartLogic membantu Anda untuk sukses dan Anda membantu orang lain untuk sukses atau bahkan lebih. Menerapkan ‘Kurangi, Gunakan Kembali & Daur Ulang”. Kami menggunakan kembali dan mendaur ulang teknologi dan praktik terbaik (proses) di HartLogic untuk mempercepat pengembangan startup lainnya. Menerapkannya dapat mengurangi biaya, beban, dan kemungkinan untuk merusak sistem keamanan.

Orang-orang
Dengan mengutamakan orang, kami percaya bahwa tim dan individu yang hebat membuat perusahaan yang hebat. Itu sebabnya kami selalu mendorong, menginspirasi, mendengarkan, dan menerapkan hal terbaik yang bisa kami lakukan untuk tim kami. Yang kami maksud dengan keluarga adalah keluarga. Orang-orang kami didorong untuk merangkul dan mendorong perubahan. Anda harus Mengejar Pertumbuhan dan Pembelajaran. Kami percaya pada kekuatan individu untuk menciptakan hal-hal hebat. Inilah yang memungkinkan produk kami dan pemasaran kami rayakan.

Kesederhanaan
Kami percaya pada solusi yang sederhana dan dapat dieksekusi, tidak kompleks. Kami ingin orang melihat apa yang kami lakukan sesederhana mungkin. Kami juga mendorong untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit.

Menyeimbangkan nilai bisnis dan sosial
Menciptakan bisnis dengan nilai-nilai yang jelas selalu luar biasa. Kami percaya jika kami dapat menyeimbangkan nilai-nilai antara bisnis & sosial, kami dapat membuat dampak yang lebih besar bagi bisnis dan masyarakat kami.

Keaslian
Kami memperhatikan kebenaran asal-usul, atribut, komitmen, ketulusan, pengabdian, dan niat.

Menyenangkan
Hidup ini terlalu singkat untuk tidak menikmatinya dan ya, Anda hanya hidup sekali! Jadi, pastikan Anda mencapai tujuan dan bersenang-senang melalui prosesnya. Buat Kesenangan dan Keanehan Kecil. Jadilah Petualang, Kreatif, dan Berpikiran Terbuka.

Peningkatan, keuntungan, dan dampak yang Anda dapatkan adalah parameter kesuksesan kami

Kami berkolaborasi untuk menang bersama
Pengumpul kewirausahaan serba ada pertama dan satu-satunya. Dengan fokus merek hanya pada kewirausahaan

Bantu dulu mendapatkan untung di sepanjang jalan
Hampir nol harga produk yang termurah di pasaran. Menggunakan tetap, variabel, royalti, membayar sesuai keinginan, barter dan sistem harga saham.

Ciptakan dampak setiap hari dengan selalu menciptakan bisnis yang skalabel dan berkelanjutan
Mudah diakses, nyaman, juga memberikan risiko minimum bagi mitra kami.

Peningkatan, keuntungan, dan dampak yang Anda dapatkan adalah parameter kesuksesan kami

Kami berkolaborasi untuk menang bersama
Pengumpul kewirausahaan serba ada pertama dan satu-satunya. Dengan fokus merek hanya pada kewirausahaan

Bantu dulu mendapatkan untung di sepanjang jalan
Hampir nol harga produk yang termurah di pasaran. Menggunakan tetap, variabel, royalti, membayar sesuai keinginan, barter dan sistem harga saham.

Ciptakan dampak setiap hari dengan selalu menciptakan bisnis yang skalabel dan berkelanjutan
Mudah diakses, nyaman, juga memberikan risiko minimum bagi mitra kami.

Kantor Pusat HartLogic

Sebagai perusahaan global, HartLogic diatur ke dalam wilayah geografis. Setiap area memiliki kantor pusat yang berfungsi sebagai pusat kegiatan regional, termasuk penjualan, pengembangan bisnis, dan pemasaran. Markas internasional berlokasi di Indonesia. Secara umum, Anda akan menemukan posisi keuangan, sumber daya manusia, penjualan, insinyur perangkat lunak, perancang, dan manajemen di kantor pusat HartLogic.

Pusat Teknologi dan Informasi

Para insinyur dan manajer solusi di pusat-pusat TI dan pusat data kami merancang, menyebarkan, mengelola, memecahkan masalah, dan mendukung infrastruktur TI global HartLogic. Pekerjaan kami memengaruhi jutaan pengguna melalui layanan seperti solusi, fondasi, dan usaha. Kami mendukung pengusaha dan Hartroopers melalui operasi TI internal kami sendiri.

Pusat Operasional

Kami memproses jutaan transaksi yang membuat HartLogic berjalan dengan lancar. Kami bertanggung jawab atas pembuatan dan pemenuhan perangkat lunak, distribusi perangkat lunak elektronik, lisensi volume, dan kegiatan dukungan logistik lainnya. Kami juga mengelola mitra saluran dan kontrak pelanggan, melatih dan membayar karyawan, serta menagih pelanggan dan mitra.

Laboratorium Penelitian

Pikiran teratas dalam komputasi dan ilmu sosial menyebut laboratorium penelitian kami sebagai rumah. Lingkungan kerja kami ramah dan kolaboratif, namun fokus dan intens, dan kami secara aktif bekerja sama lintas laboratorium. Itu berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk mengalami dan berpartisipasi dalam kemajuan yang keluar dari laboratorium kami di seluruh dunia.

Pusat Inkubasi

Di pusat inkubasi Hartlogic, para pendiri — termasuk mentor, hustler, hipster, dan peretas — sibuk memecahkan masalah dan mengembangkan bisnis yang akan menciptakan peluang bagi jutaan orang di seluruh dunia. Kami sedang mengerjakan rilis baru dari solusi yang sudah Anda ketahui dan menginkubasi ide-ide untuk bisnis yang mungkin tidak Anda bayangkan. Tempat kerja dinamis dan berteknologi tinggi namun kasual.

Pusat Kewirausahaan

Pusat kewirausahaan HartLogic adalah tempat pertama untuk mengalami kewirausahaan. Ini bertanggung jawab untuk manajemen siswa dan pengembangan pribadi. Kantor beroperasi sebagai anak perusahaan independen. Kami memilih lokasi terdekat dengan pengguna kami untuk dapat menggunakan layanan kami dan membantu kami memahami kebutuhan mereka.

Anda adalah masa depan kami.
HartLogic bukan apa-apa tanpa kontribusi timbal balik. HartLogic adalah kita.
Kami + Anda.

Apa yang Kami Lakukan Dengan Uang Kami?

Kami akan menginvestasikan setiap dolar dalam pengembangan sumber daya manusia, teknologi, dan program. Kami percaya bahwa untuk memberikan layanan terbaik, kami harus terlebih dahulu memastikan kesejahteraan karyawan kami dan memperkaya pengetahuan mereka dengan memberikan pelatihan dan bengkel kerja yang relevan.

Kami juga akan meningkatkan proses rekrutmen kami untuk mendapatkan talenta terbaik yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kami. Karena teknologi adalah inti dari bisnis kami, pengembangan teknologi adalah kebutuhan dasar. Kami akan mengembangkan teknologi kami terutama server dan cloud kami untuk meningkatkan kualitas produk kami dengan biaya yang relatif rendah sehingga produk kami dapat dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan cloud dapat diakses untuk penggunaan masyarakat yang lebih luas. Karena tujuan kami adalah membantu orang lain dan menjadi sukses bersama.

Kantor Masa Depan

Dalam waktu dekat, kami akan membangun kantor yang memiliki struktur seperti logo simbolis kami. Ruang utama akan menjadi tempat untuk menghubungkan Hartroopers dan pengguna, kami akan memiliki auditorium di tingkat pertama, ruang kerja bersama di tingkat kedua, ruang pertemuan di tingkat ketiga dan pusat komando di tingkat kelima.

Sisi atas kekuasaan akan menjadi kantor untuk Tim Pembangun HartLogic. Sisi bawah kekuasaan akan menjadi kantor untuk HartLogic Team Growth & Founders, Initiator, Representative, dan Volunteer. Beberapa ruang akan digunakan untuk taman, panel surya, energi terbarukan dan server akan berlokasi di tempat teraman di setiap negara.

House

Fakta Menarik

Hartroopers yang memiliki hasrat untuk membangun partai di dalam HartLogic Network dan mengubah ide sosial menjadi dampak nyata.

  • Logical adalah nama kode untuk Hartooper yang bergabung dalam Logical House di HartLogic
  • Setiap Hartrooper hanya dapat ikut dalam satu Logical House dalam jangka 1 tahun
  • Setiap Logical member akan diberikan satu misi dalam 1 waktu
  • Struktur organisasi Logical House adalah FLAT tidak ada bos, tidak ada supervisor
  • Dalam setiap Logical House, hanya ada satu House Leader
Lihat Logical Member
Headquarters

Kantor pusat global HartLogic berada di Bandung Barat, Indonesia. Kantor HartLogic Indonesia berada di Jakarta, Bandung, dan Depok. Kantor International HartLogic berlokasi di Jerman (Segera hadir).

Bahasa

Website terdiri dalam 2 bahasa: Indonesia, Inggris.

Hartroopers

HartLogic memiliki lebih dari 10 karyawan penuh waktu (lebih dari 5 di Wilayah Bandung Barat) dengan kantor di 3 kota di seluruh dunia. HartLogic memulai tahun 2017 dengan sekitar 5 karyawan penuh waktu di seluruh dunia, naik dari sekitar 3 pada awal 2016 dan 1 pada awal 2012.

“Hart” dan “Troopers”, Hart adalah bagian dari kata pertama dari nama organisasi kami HartLogic dan Troopers berarti sekelompok orang yang termotivasi, dapat diandalkan, dan bersemangat. Digabungkan sebagai Hartroopers berarti sekelompok orang yang termotivasi, andal, dan bersemangat yang berkolaborasi sebagai sebuah keluarga di HartLogic Network.

  • Employee: Hartroopers yang tinggal di Head Quarter of HartLogic, kami menangani Manajemen Internasional. Organisasi ini dikelola oleh presiden, wakil presiden senior, dan wakil presiden.
  • Intern: Hartroopers yang tinggal di Head Quarter of HartLogic, mereka belajar untuk menjadi karyawan yang sukses dalam waktu dekat. Organisasi ini dikelola oleh manajer dan rekanan.

Associate kami diposisikan bersama klien sektor korporat dan publik, memberi saran kepada mereka tentang cara untuk meningkatkan efisiensi dan menyelesaikan masalah bisnis lainnya. Di HartLogic, mereka memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan informasi, mengumpulkan dan menganalisis data, dan mengembangkan rekomendasi yang dirancang untuk merampingkan operasi dan meningkatkan laba.

Leader kami menghabiskan sebagian besar waktu untuk menyusun masalah, mengelola aliran kerja individu karyawan, dan menyintesisnya menjadi analisis yang kohesif. Di HartLogic, itu berarti sebagian besar waktu mereka akan dihabiskan untuk memastikan bahwa rekanan berada di jalurnya, tidak diblokir pada analisis yang diberikan dan mendapatkan dukungan atau pelatihan yang diperlukan dari dirinya sendiri. Selain mengelola rekanan, mereka juga secara bersamaan mensintesis hasil alur kerja dan berbagi pembaruan kemajuan dengan para pemimpin tim senior.

Principal kami diposisikan sebagai penghubung utama antara perusahaan dan klien. Di HartLogic, tanggung jawab mereka adalah memimpin beberapa tim konsultan utama dan mendelegasikan proyek ke berbagai tim. Mereka memegang tangan klien dari awal hingga akhir proyek dengan memastikan bahwa tim memenuhi kebutuhan klien sebagai bagian penting dari pekerjaan mereka. Mereka juga mengawasi dan membimbing tim konsultan selama proyek sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari mereka.

  • HartLogic Sharer: Hartroopers yang berposisi sebagai Trainer, Motivator, Speaker, Coach, Mentor.
  • HartLogic Helper: Hartroopers yang berposisi sebagai MC, Moderator, Observer, Facilitator, Counselor.
  • HartLogic Crew: Hartroopers yang berposisi sebagai Videographer, Photographer, Live Publication Specialist, Make-up artist, Hair Stylist, Sound Specialist, Lighting Specialist, FoH Specialist, Vendor Specialist, Equipment Specialist, Security Specialist, Permit Specialist, First Aid Specialist.
  • HartLogic Influencer: Hartroopers yang berposisi sebagai Vlogger, Slogger, Blogger, Plogger.
  • HartLogic Performer: Hartroopers yang berposisi sebagai Dancer, Singer.
  • HartLogic National Initiator: Seorang Hartroopers yang mengelola organisasi HartLogic Initiator di tingkat negara. Organisasi ini dikelola oleh perdana menteri, menteri koordinator dan menteri.
  • HartLogic Province Initiator: Hartroopers sarjana atau pascasarjana baru yang mengelola organisasi HartLogic Initiator di tingkat provinsi. Organisasi ini dikelola oleh gubernur dan wakil gubernur.
  • HartLogic City Initiator: Seorang mahasiswa Hartroopers sarjana yang mengelola organisasi HartLogic Initiator di tingkat kota. Organisasi ini dikelola oleh walikota dan wakil walikota.
  • HartLogic Brand Ambassador: Seorang Hartroopers profesional yang dapat menjelaskan, mewakili dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang HartLogic.
  • HartLogic Campuss Ambassador: Seorang mahasiswa Hartroopers sarjana yang mempromosikan dan mewakili HartLogic di kampus mereka.
  • HartLogic School Ambassador: Seorang siswa sekolah menengah Hartroopers yang mempromosikan dan mewakili HartLogic di sekolah mereka.

Perwakilan pengguna HartLogic yang memberi kami wawasan tentang cara mengembangkan produk yang lebih baik di HartLogic.

  • Perwakilan Nasional
  • Perwakilan Daerah
  • HartLogic Program Volunteer: Seorang relawan Hartroopers yang berkomitmen selama satu tahun dan menangani program Yayasan HartLogic.
  • HartLogic Project Volunteer: Seorang relawan Hartroopers yang berkomitmen selama tiga bulan dan melaksanakan proyek Yayasan HartLogic.
  • HartLogic Event Volunteer: Seorang sukarelawan Hartroopers yang berkomitmen untuk satu acara dari HartLogic Foundation.

Agama

Keluarga

Kesejahteraan